Selamat pagi pembaca,
Pagi-pagi bukannya sarapan dulu malah koding, males juga sih koding terus. Tapi kan programmer sama penulis itu hampir sama, samanya itu sama-sama menulis apa yang ada dalam benak kita, namun programmer menuangkannya masih dibatasi oleh ketentuan penulisan, sedangkan penulis tidak. jadi intinya penulis dan programmer itu sama-sama menulis.
Ngomongin soal tulis menulis, saya ada nih sebuah program yang sangat sederhana sekali, permainan klasik tentang tiga buah benda yaitu batu gunting dan kertas. kalo program batu gunting dan kertas versi sebelumnya itu permainannya itu basis text, namun versi yang sekarang saya akan share permainan tersebut, namun versi GUI nya menggunakan JOptionPane.
Tampilan programnya kira-kira seperti ini :
Berikut souce kode nya :
import javax.swing.JOptionPane;
import java.util.*;
public class suit
{
public static void main(String[] args)
{
//jika ada yang kurang lengkap, silahkan dilengkapi.
/*System.out.println("Permainan suit");
System.out.println("==============");
System.out.println("Masukkan salah satu dari 3 kemungkinan :");
System.out.println("B untuk Batu");
System.out.println("G untuk Gunting");
System.out.println("K untuk Kertas");*/
while (true)
{
String pilih = JOptionPane.showInputDialog("Permainan SUIT Klasik \n Masukkan Pilihan Anda : \n B = Batu "+"\n G = Gunting \n K = Kertas");
int maxrandom=3;
Random r=new Random();
int kata=0;
if (pilih.equalsIgnoreCase("B") || pilih.equalsIgnoreCase("batu"))
{
kata=r.nextInt(maxrandom);
if (kata==0)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda = Batu\n"+"Suit Komputer = Batu\n"+"Seri karena suit sama\n");
}
else if (kata==1)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda = Batu\n"+"Suit Komputer = Gunting\n"+"Anda Menang\n");
}
else if (kata==2)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda = Batu\n"+"Suit Komputer = Kertas\n"+"Anda Kalah\n");
}
}
else if (pilih.equalsIgnoreCase("G") || pilih.equalsIgnoreCase("gunting"))
{
kata=r.nextInt(maxrandom);
if (kata==0)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda=Gunting\n"+"Suit Komputer = Batu\n"+"Anda Kalah");
}
else if (kata==1)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda=Gunting\n"+"Suit Komputer = Gunting\n"+"Seri karena suit sama");
}
else if (kata==2)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda=Gunting\n"+"Suit Komputer = Kertas\n"+"Anda Menang");
}
}
else if (pilih.equalsIgnoreCase("K") || pilih.equalsIgnoreCase("kertas"))
{
kata=r.nextInt(maxrandom);
if (kata==0)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda = Kertas\n"+"Suit Komputer = Batu\n"+"Anda menang");
}
else if (kata==1)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda = Kertas\n"+"Suit Komputer = Gunting\n"+"Anda Kalah");
}
else if (kata==2)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Suit Anda = Kertas\n"+"Suit Komputer = Kertas\n"+"Seri karena suit sama");
}
}
else JOptionPane.showMessageDialog(null,"Pilihan anda tidak ada dalam kategori");
pilih = JOptionPane.showInputDialog("Keluar dari program? (yes or no)");
if(pilih.equalsIgnoreCase("yes") || pilih.equalsIgnoreCase("y"))
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Terima Kasih Sudah memakai Program saya..");
break;
}
}
}
}
Simpan file tersebut dengan nama suit.java atau apapun itu terserah kalian, yang penting "nama file" harus sama dengan nama class.
Kiranya cukup segitu aja dulu, untuk selanjutnya saya akan coba-boba lagi untuk di share ke kalian, jika ada yang kurang jelas bisa meninggalkan komentar dibawah.
KEEP SPIRIT and let's CODING...
Wassalam...
Programnya keren, cocok buat saya yang agi pendalaman java.
BalasHapusJadi semangat untuk belajar lagi...
KEEP SPIRIT for SHARING kk.....
Makasih Ita, Semangat buat coding terus......
HapusTuangkan semua yang ada dalam fikiranmu kedalam program.