Alhamdulillah... Malam-malam gini masih semangaat ngeblog..
yah, walaupun mata sudah 5 watt. tapi tetap semangat demi sharing kepada sesama.
Kali ini saya akan sedikit sharing mengenai permainan batu gunting dan kertas, sebuah permainan yang biasa dilakukan oleh anak-anak. seru sih tapi kan kita udah dewasa, udah mahasiswa lagi... malu dong kalo maen kaya' gituan terus. mending buat program untuk permainan seperti itu.
Saya buat program seperti itu menggunakan java. dan alhamdulillah berhasil walaupun programnya acak-acakan, dan kurang lebih tampilannya kaya' gini nih (*maaf ya jelek)...
Buatlah sebuah file java dengan nama "batuguntingkertas.java" (pastinya tanpa tanda petik)
ne Source codenya :
import java.util.Scanner;
public class batuguntingkertas {
public static void main(String[]args){
//inisiallisasi variabel
Scanner input = new Scanner(System.in);
String anda = null;
String komputer = null;
String hasil = null;
System.out.println("~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~");
System.out.println("| PERMAINAN BATU GUNTING KERTAS |");
System.out.println("| 1.BATU 2.GUNTING 3.KERTAS |");
System.out.println("~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~");
System.out.print("Masukkan pilihan anda = ");
int pilihan = input.nextInt();
if(pilihan==1){
anda = "BATU";
}
else if(pilihan==2){
anda = "GUNTING";
}
else if(pilihan==3){
anda = "KERTAS";
}
else if(pilihan==4){
System.exit(0);
}
else {
System.out.println("Maaf, nilai yang anda masukkan salah");
}
int generate = (int) (Math.random()*3+1);
if(generate==1){
komputer = "BATU";
}
else if(generate==2){
komputer = "GUNTING";
}
else{
komputer = "KERTAS";
}
if(pilihan<1 || pilihan>4)
System.out.println("Maaf, Silahkan Ulangi lagi");
else if(anda.equals(komputer)){
hasil = "SERI";
} else if(anda=="BATU" && komputer=="KERTAS"){
hasil = "Anda Kalah";
} else if(anda=="BATU" && komputer=="GUNTING"){
hasil = "Anda Kalah";
} else if(anda=="KERTAS" && komputer=="GUNTING"){
hasil = "Anda Kalah";
} else if(anda=="GUNTING" && komputer=="KERTAS"){
hasil = "Anda Menang";
} else if(anda=="GUNTING" && komputer=="BATU"){
hasil = "Anda Kalah";
}
System.out.println("anda memilih = "+anda);
System.out.println("Komputer memilih = "+komputer);
System.out.println("Hasilnya adalah = "+hasil);
}
}
public class batuguntingkertas {
public static void main(String[]args){
//inisiallisasi variabel
Scanner input = new Scanner(System.in);
String anda = null;
String komputer = null;
String hasil = null;
System.out.println("~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~");
System.out.println("| PERMAINAN BATU GUNTING KERTAS |");
System.out.println("| 1.BATU 2.GUNTING 3.KERTAS |");
System.out.println("~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~");
System.out.print("Masukkan pilihan anda = ");
int pilihan = input.nextInt();
if(pilihan==1){
anda = "BATU";
}
else if(pilihan==2){
anda = "GUNTING";
}
else if(pilihan==3){
anda = "KERTAS";
}
else if(pilihan==4){
System.exit(0);
}
else {
System.out.println("Maaf, nilai yang anda masukkan salah");
}
int generate = (int) (Math.random()*3+1);
if(generate==1){
komputer = "BATU";
}
else if(generate==2){
komputer = "GUNTING";
}
else{
komputer = "KERTAS";
}
if(pilihan<1 || pilihan>4)
System.out.println("Maaf, Silahkan Ulangi lagi");
else if(anda.equals(komputer)){
hasil = "SERI";
} else if(anda=="BATU" && komputer=="KERTAS"){
hasil = "Anda Kalah";
} else if(anda=="BATU" && komputer=="GUNTING"){
hasil = "Anda Kalah";
} else if(anda=="KERTAS" && komputer=="GUNTING"){
hasil = "Anda Kalah";
} else if(anda=="GUNTING" && komputer=="KERTAS"){
hasil = "Anda Menang";
} else if(anda=="GUNTING" && komputer=="BATU"){
hasil = "Anda Kalah";
}
System.out.println("anda memilih = "+anda);
System.out.println("Komputer memilih = "+komputer);
System.out.println("Hasilnya adalah = "+hasil);
}
}
Oke. cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi saya sendiri..
Salam Codinger's....
0 komentar:
Posting Komentar